Berbagai Manfaat Mengonsumsi Cuka Apel

Saat kamu berada di toko oleh oleh khas Malang, pastinya kamu akan menemukan beragam produk khas Malang yang bisa dijadikan pilihan buah tangan. Salah satunya adalah Cuka Apel, yang merupakan oleh-oleh kota Malang selain Apel dan Bakso. Tentunya bukan hal yang aneh, mengingat Malang adalah kota apel jadi pasti ada banyak olahan berbahan dasar buah apel. Dan cuka apel merupakan salah satu yang menjadi favorit para wisatawan.

Kenapa ya mereka menyukainya? Pasti ada alasannya dong!

Manfaat Cuka Apel

Tentu saja ada. Cuka apel dipercaya memiliki berbagai manfaat jika dikonsumsi secara rutin, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Menjaga kadar gula darah

Melansir situs klikdokter, cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes sehingga akan menjaga kadar gula tetap berada dalam batas normal. Hal ini didasarkan pada studi yang pernah dilakukan oleh Universitas Arizona. Meskipun begitu, bagi penderita diabetes yang berencana mengonsumsi cuka apel sangat disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter yang menangani penyakit tersebut. Selain itu, pastikan juga tetap menjaga pola makan sesuai aturan diet penderita diabetes.

  • Menurunkan berat badan

Dalam situs webmd, seorang ahli gizi mengatakan bahwa mengonsumsi cuka apel dapat membantu proses menurunkan berat badan. Hal tersebut didasarkan pada penelitian yang dilakukan dengan meminta peserta mengonsumsi 2 sendok makan cuka apel sebelum makan besar. Hal ini dilakukan secara rutin setiap hari selama 4 minggu. Hasilnya yaitu berat badan peserta turun dalam range 1-2 kg. Namun, bukan berarti berat badanmu bisa turun hanya dengan mengonsumsi cuka apel saja, ya! Kamu tetap harus menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan rendah lemak agar penurunan berat badan berlangsung sehat.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Melansir situs hellosehat, mengonsumsi cuka apel yang belum melalui proses penyaringan baik untuk kesehatan karena kaya akan probiotik dan bakteri baik lain untuk kesehatan pencernaan. Ciri dari cuka apel ini adalah warnanya yang cenderung keruh dan memiliki endapan. Beberapa masalah pencernaan yang dapat diatasi dengan cuka apel yaitu sakit asam lambung, sembelit, dan juga diare. Namun untuk kasus yang cukup berat, misalnya masalah tukak lambung, maka tetap disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter.

  • Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan studi yang pernah dilakukan cuka apel dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Penelitian dilakukan dengan memberikan cuka apel pada tikus betina dan jantan. Selain kadar lemak darah yang menurun, pada penelitian tahun 2017, ditemukan juga bahwa tikus jantan yang mengonsumsi cuka apel memiliki jantung dan pembuluh darah yang lebih sehat.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi jika kamu berencana untuk mengonsumsi cuka apel secara rutin ada baiknya jika kamu mencari informasi terlebih dahulu dosis yang tepat sesuai kebutuhanmu. Sebab, sebaik apapun manfaatnya, jika dikonsumsi secara berlebihan tetap saja akan berdampak buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *